Penulisan-2
Judul : Strategy Marketing & Implementation
Code
: MarketingONE
02
Sub : Analisa Situasi Pasar
Pada tulisan edisi MarketingOne
edisi-01 terkait dengan perubahan Industry saya tegaskan analisa adalah mutlak
agar perusahaan bisa tumbuh dan berkembang.
Setelah kita mengidentifikasi driver
perubahan Pasar (Change Driver), Pasar
sangatlah dinamis karena selalu berubah terus menerus sesuai dengan want and need customer seharusnya
dilakukan Analysis terhadap Situasi Pasar
tujuannya adalah mendesign target
Bussiness dan market dimasa yang akan datang, beberapa hal yang menjadi
perhatian kita adalah :
1.
Customer
need guna mendefinisikan Pasar
2.
Company
Capability guna melihat kemapuan perusahaan mensikapi perubahan.
3.
Competition
and Market Dynamic guna melihat tingkat persaingan.
4. Collaborator
and Complementors guna melakukan kolaborasi agar bisa mensikapi kebutuhan
pasar secara efektif.
Source; Sustainable, Marketing, Enterprise (SME) Model Markplus
Sustainable, Marketing, Enterprise
(SME) Model diatas memberikan gambaran proses pengelolan Bisnis agar jangka
panjang tetap Sustain, Growth dan Achievable dan ini merupakan proses
perancangan Bisnis agar situasi dimasa mendatang dapat di proyeksikan dalam
bentuk outlook bisnis.
Saya sempat mengikuti talk show
Owner Krisna event Kick Andy, Pak Agung menyampaikan lahirnya oleh-oleh khas
Bali karena ada peluang Bisnis, adanya
awarnes pelancong kebali harus punya kesan sendiri.
Ternyata Krisna juga mempunyai
Bisnis Model yang kental dengan budaya Bali namun analisa situasi tetap
dilakukan sehingga bisa tumbuh seperti saat ini.
Dalam melakukan Analisa Pasar poin
penting yang menjadi perhatian kita adalah:
1. Market Position; bagaimana kita
memposisikan bisnis dalam pasar terkait dengan market niche, market leader,
Market Follwer, market challeger.
2. Market Objectives; kita harus
melihat National Growth, international growth, ethical objectives, market
share, consumer focus, product focus, image, program sosial responsibily (CSR),
revenue maximisasi, share holder value dan overcome competitor.
3. Market Segments; Age, Religy,
income level, Lyfestyle, social class, geographical region, family
circumstances, behaviouristic.
4. Market Structure; highly
competitive, imperpect competition, oligopoly, duopoly, monopoly.
Setelah mengetahui point penting
terhadap situasi pasar dan akan diproyeksikan dimasa mendatang maka langkah
berikutnya adalah melakukan analisys 4C (Change, Customer, Company dan
Competitor) seperti berikut.
Case; Analisa Situasi Pasar Bisnis CDMA Tahun 2012
Case; Analisa Situasi Pasar Bisnis CDMA Tahun 2012
Explorasi Pasar mandatory harus
dilakukan agar kita dapat memetakan peluang bisnis dalam industry dan kekuatan
serta kelemahan yang dimiliki perusahaan kita, case Analisa Situasi Pasar
Bisnis CDMA Tahun 2012 adalah salah satu proses
analisa pasar CDMA dengan produk Flexi yang saya lakukan sehingga Flexi
dapat bersaing dalam industry CDMA di Indonesia.
Selanjutnya bagaimana dengan Bisnis
yang anda kelola, agar dapat diproyeksikan dimasa mendatang terhadap target
yang hendak anda capai harus dilakukan analisa TWOS Analysis (THREATS- OPPORTUNITIES- WEAKNESSESS-STRENGTHS) yang akan dibahas pada penulisan berikutnya,
salam Marketing semangat Marketer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar