Sabtu, 10 Oktober 2015

Strategy Marketing & Implementation

Penulisan-2
Judul  : Strategy Marketing & Implementation
Code  : MarketingONE 02
Sub    : Analisa Situasi Pasar

Pada tulisan edisi MarketingOne edisi-01 terkait dengan perubahan Industry saya tegaskan analisa adalah mutlak agar perusahaan bisa tumbuh dan berkembang.
Setelah kita mengidentifikasi driver perubahan Pasar (Change Driver), Pasar sangatlah dinamis karena selalu berubah terus menerus sesuai dengan want and need customer seharusnya dilakukan Analysis terhadap Situasi Pasar  tujuannya adalah mendesign target Bussiness dan market dimasa yang akan datang, beberapa hal yang menjadi perhatian kita adalah :

1.    Customer need guna mendefinisikan Pasar
2.    Company Capability guna melihat kemapuan perusahaan mensikapi perubahan.
3.    Competition and Market Dynamic guna melihat tingkat persaingan.
4. Collaborator and Complementors guna melakukan kolaborasi agar bisa mensikapi kebutuhan pasar secara efektif.




                             Source; Sustainable, Marketing, Enterprise (SME) Model Markplus

Sustainable, Marketing, Enterprise (SME) Model diatas memberikan gambaran proses pengelolan Bisnis agar jangka panjang tetap Sustain, Growth dan Achievable dan ini merupakan proses perancangan Bisnis agar situasi dimasa mendatang dapat di proyeksikan dalam bentuk outlook bisnis.

Saya sempat mengikuti talk show Owner Krisna event Kick Andy, Pak Agung menyampaikan lahirnya oleh-oleh khas Bali karena ada peluang   Bisnis, adanya awarnes pelancong kebali harus punya kesan sendiri.
Ternyata Krisna juga mempunyai Bisnis Model yang kental dengan budaya Bali namun analisa situasi tetap dilakukan sehingga bisa tumbuh seperti saat ini.

Dalam melakukan Analisa Pasar poin penting yang menjadi perhatian kita adalah:

1. Market Position; bagaimana kita memposisikan bisnis dalam pasar terkait dengan market niche, market leader, Market Follwer, market challeger.
2. Market Objectives; kita harus melihat National Growth, international growth, ethical objectives, market share, consumer focus, product focus, image, program sosial responsibily (CSR), revenue maximisasi, share holder value dan overcome competitor.
3.  Market Segments; Age, Religy, income level, Lyfestyle, social class, geographical region, family circumstances, behaviouristic.
4. Market Structure; highly competitive, imperpect competition, oligopoly, duopoly, monopoly.

Setelah mengetahui point penting terhadap situasi pasar dan akan diproyeksikan dimasa mendatang maka langkah berikutnya adalah melakukan analisys 4C (Change, Customer, Company dan Competitor) seperti berikut.



                                        Case; Analisa Situasi Pasar Bisnis CDMA Tahun 2012


Case; Analisa Situasi Pasar Bisnis CDMA Tahun 2012


Explorasi Pasar mandatory harus dilakukan agar kita dapat memetakan peluang bisnis dalam industry dan kekuatan serta kelemahan yang dimiliki perusahaan kita, case Analisa Situasi Pasar Bisnis CDMA Tahun 2012 adalah salah satu proses  analisa pasar CDMA dengan produk Flexi yang saya lakukan sehingga Flexi dapat bersaing dalam industry CDMA di Indonesia.

Selanjutnya bagaimana dengan Bisnis yang anda kelola, agar dapat diproyeksikan dimasa mendatang terhadap target yang hendak anda capai harus dilakukan analisa TWOS Analysis (THREATS- OPPORTUNITIES- WEAKNESSESS-STRENGTHS)  yang akan dibahas pada penulisan berikutnya, salam Marketing semangat Marketer.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar